Proposal
Bussiness Plan
“Ruang Mimpi”
Oleh :
Yosia
Grahna
Yusuf
Panrita
Ariansyah
Prawira
Alwan
Mufadillah
Ahmad
Wahyudi
1
Kata
Pengantar
Puji syukur kami
panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa atas berkat dan rahmatnya yang membantu
menyelesaikan penyusunan proposal dalam rencana pembangunan industri kreatif
yang tersentralisasi dalam bentuk ruang atau wadah bagi generasi muda
Indonesia.
Adapun maksud dan tujuan
penyusunan proposal ini adalah kami ingin membuat sebuah sarana dimana
nantinya, anak-anak muda di sekitar wilayah Bekasi dapat menyalurkan apa yang
mereka pikirkan dan rasakan sehingga apa yang mereka ekspresikan tertuang dalam
sebuah karya.
Sungguh besar harapan
kami apabila terwujudnya serta terlaksananya program usaha bisnis ini, karena tujuan
kami lebih mulia daripada sekedar mencari keuntungan pribadi, sebab bagi kami
menjadi wadah adalah cara kami untuk mengabdi pada negeri. Bagaimanapun juga,
kami juga sungguh menyadari bahwa di dalam proposal ini terdapat kekurangan dan
jauh dari kata sempurna. Maka dari itu, kami sungguh mengharapkan adanya
kritik, saran, serta usulan bagi
proposal ini agar dapat menciptakan sebuah antisipasi yang akurat demi
perbaikan yang tepat.
Bekasi, 21 April 2017
Tertanda
2
Daftar
Isi
Kata
pengantar................................................................................... 2
Daftar isi............................................................................................ 3
Pendahuluan...................................................................................... 4
I.
Judul program
usaha................................................................ 4
II.
Rencana dan
lokasi.................................................................. 4
III.
Sarana dan
Prasarana............................................................... 4
IV.
Target
pelanggan..................................................................... 4
V.
Waktu
operasional................................................................... 4
VI.
Keunikan..................................................................................
4
VII.
Strategi pemasaran................................................................... 4
VIII.
Perkiraan
biaya......................................................................... 5
Analisis
usaha........................................................................... ....... 6
a)
Segmentasi
pasar............................................................. ....... 6
b)
Analisis
SWOT................................................................ ....... 7
3
Pendahuluan
Beberapa penjelasan yang
akan kami berikan mengenai program ini :
Ruang mimpi adalah sebuah sarana yang dimaksudkan agar
berkembangnya ide-ide dari
generasi-generasi muda. Nama ruang mimpi itu sendiri memiliki sebuah filosofis
yaitu dimana pada umumnya manusia selalu bermimpi. Maka dari itu, kami ingin
membuat sebuah ruang yang dapat mewujudkan mimpi karena kami yakin mimpi itu.
Lokasi perencanaan usaha ini akan kami adakan di Perumahan
Galaxy, Jalan Pulo Ribung No 11, Bekasi, Jawa Barat. Alasan kami memilih lokasi
tersebut karena memiliki eksistensi bagi semua kalangan, khususnya anak muda.
Di ruang mimpi ini kami menyediakan beberapa fasilitas,
seperti halnya Mini Library, Brainstorming Room, Sudut Musik, Dream Room, Dunia
Sastra, dan tidak lupa Ruang Usaha.
Tentunya, kami menargetkan program ini kepada semua
kalangan yang memiliki pola pikir serta imajinasi yang kreatif, baik itu
perorangan maupun kelompok (komunitas), terutama generasi-generasi muda.
Bicara mengenai waktu operasional, kami buka setiap hari
untuk 24 jam. Namun, secara formal waktu operasional kami dimulai dari pukul
10.00 A.M sampai 03.00.A.M atau sampai jam 3 subuh.
Ruang mimpi seperti yang telah
disebutkan sebagai wadah, kami juga menyediakan bagi para members (anggota) dapat
menjual beraneka ragam kerajinan tangan mereka baik dalam hal makanan, minuman,
berupa barang (seperti baju, tas, dll).
Ruang mimpi akan disebarluaskan melalui sosial media
(seperti twitter, facebook, instagram, line, dll) dan ruang mimpi akan
diiklankan melalui media partner berupa radio dan majalah.
4
Perkiraan
Biaya untuk Members
Untuk menjadi member
usaha di ruang mimpi :
·
Gold Member : Rp. 10.000.000,00/ 5 tahun
·
Silver Member : Rp. 9.500.000,00/ 4 tahun
·
Bronze Member : Rp. 8.000.000,00/ 3 tahun
Untuk menjadi personal
member :
Tidak dipungut biaya, dengan syarat menyumbangkan minimal 3
buku bekas atau barang bekas yang masih layak.
5
Analisis
Usaha
1. Segmentasi Pasar
Ruang mimpi menargetkan
kepada semua kalangan yang memiliki pola pikir serta imajinasi yang kreatif,
baik itu perorangan maupun kelompok (komunitas), terutama generasi-generasi
muda.
2. Analisis SWOT
· Strengths
Kita dapat memastikan dan meyakinkan bahwa
tempat kita pilih dan rekomendasikan merupakan tempat yang ternyaman bagi semua
kalangan (baik itu pengunjung, maupun members). Karena memiliki suasana yang
asri dan bersahabat.
kita memiliki fasilitas yang tersedia dan
memadai seperti Mini Library, disana kita dapat membaca dengan suasana yang
berbeda; Brainstorming Room, sama halnya dengan ruang rapat namun kita dapat
bebas berekspresi; Sudut Musik, bagi para pengunjung yang mempunyai minat dan
bakat dalam hal bermusik dapat dituangkan dalam sudut yang telah kami buat, dan
lain sebagainya.
· Weakness
Permasalahan biaya untuk para member yang
ingin memulai usaha, tentunya bukan hal yang mudah yang juga dihadapi para
member untuk mendapatkan kontrak kerja, terlebih lagi dari kehidupan ekonomi
mereka, jika dilihat dari segi nurani.
· Opportunities
Industri kreatif yang kini mulai
berkembang pesat di mana banyak generasi muda berkreasi dan berkarya, jadi
bukan hanya mereka dapat keuntungan namun juga pengalaman, sekaligus kita juga
membuka peluang bagi mereka
6
· Ancaman (Threats)
Dalam menjalankan bisnis ini, terkadang
banyak tempat usaha lain yang ingin bersaing dalam hal menarik minat pengunjung,
walau saja usaha yang mereka lakukan untuk bersaing bukan hanya program bisnis
yang sejenis dengan kita, namun juga bisnis lain (seperti halnya, cafe,
restoran, dll). Serta dalam menjalankan usaha ini kami juga berusaha sebisa
mungkin agar kami mendapat tempat untuk memulai usaha karena banyak sekali
persaingan yang dilakukan oleh kelompok bisnis lainnya untuk memperebutkan
tempat itu.
7
Tidak ada komentar:
Posting Komentar